Desember ULMWP Jadi Full Member di MSG, Lalu Apa Yang Akan Indonesia Lakukan ?

Bendera MSG dan Bendera Negara Anggota MSG (google.com)
Dalam pernyataannya diberbagai media internasional beberapa waktu lalu, Perdana Mentri Solomon Island, Mr. Manasseh Sogavare, yang juga selaku Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG), bersama Perdana Mentri Vanuatu dan New Caledonia secara tegas menyatakan bahwa KTT MSG pada bulan Desember mendatang, akan menjamin keanggotaan full West Papua (ULMWP) di MSG, dengan maupun tanpa kehadiran PNG dan Viji.
Pernyataan ini tentu saja memanaskan telinga Indonesia, dimana Indonesia sendiri telah secara resmi sudah mengajukan aplikasi menjadi anggota MSG dan telah diterima sebagai anggota full MSG dalam KTT MSG yang digelar di Honiara, Solomond Island pada bulan Mei 2015 silam. Dimana pengajuan aplikasi keanggotaan Indonesia (Melindo) saat itu juga bersamaan dengan pengajuan aplikasi oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), mewakili West Papua, namun ULMWP hanya diterima sebagai Observer dalam KTT yang MSG 2015 silam. 
Kali ini, dengan pernyataaan yang dilontarkan oleh Perdana Mentri Solomon Island yang juga sebagai Ketua MSG, bersama Perdana Mentri Vanuatu dan New Caledonia beberapa waktu lalu, pasca sidang tahunan PBB ini tentu akan menjadi perhatian serius bagi Indonesia. Dimana, ketiga negara anggota MSG ini, yang juga sebagai anggota Pasifik Island Forum (PIF), bersama dengan 4 negara anggota PIF lainnya, secara lantang mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera turun tangan dalam penyelesaian persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) di West Papua dalam sidang tahunan PBB beberapa waktu silam. Dalam pernyataan-pernyataan yang dilontarkan oleh pimpinan dari 7 negara anggota PIF saat sidang PBB, perwakilan Indonesia telihat kebingungan dan justru mengeluarkan pernyataan yang menjadi bumerang bagi Indonesia sendiri.
Pasca dipermalukan dalam sidang tahunan PBB, Indonesia kemudian dikejutkan oleh pernyataan Ketua MSG dan 2 pemimpin negara anggota MSG lainnya. yang mana dengan tegas menyatakan akan menerima ULMWP sebagai anggota full MSG dalam KTT MSG pada bulan desember mendatang. Menanggapi hal ini, Indonesia tentu tidak akan tinggal diam, Indonesia saat ini tentu sedang melakukan berbagai macam upaya, termaksud politik uang, seperti yang biasanya dilakukan untuk kembali mencekal ULMWP menjadi anggota full di MSG, namun nampaknya berbagai upaya yang akan dilakukan oleh Indonesia itu tidak akan berjalan mulus, karena meskipun Indonesia kembali mendekati PNG dan Viji, namun nampaknya pendekatan yang dilakukan hanya akan membuahkan hasil yang sia-sia belaka, karena jelas dalam pernyataannya Mr. Manasseh Sogavare secara tegas menyatakan bahwa, dengan maupun tanpa kehadiran PNG dan Viji, ULMWP dijamin menjadi anggota full MSG pada KTT bulan desember mendatang.
Dengan sedikit uraian diatas, dapat kita gambarkan bahwa Indonesia telah kalah dalam berbagai macam upaya diplomasi yang dilakukan, baik ditingkat internasional, maupun regional Pasifik dan Melanesia, namun demikian, dari uraian diatas ada dua pertanyaan yang perlu dianalisa dan dijawab oleh rakyat Papua, baik di Papua, Indonesia maupun di berbagai negara lainnya yaitu :
1. Apa Yang Akan Indonesia Lakukan Setelah Upaya Diplomasinya Gagal...???
 
2.Mengapa Ketua MSG, Perdana Mentri Vanuatu dan New Caledonia Mengeluarkan Statemen Soal Kenggotaan ULMWP Lebih Awal...???
Untuk menjawab dua pertanyaan diatas, sangat penting untuk kita analisa secara seksama terkait kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan mengaitkannya dengan melihat kondisi rill yang dilakukan Indonesia di Papua saat ini, selain itu, sangat penting untuk kita kembali bercermin pada apa yang terjadi di Timur Leste, pasca pelaksanaan Referendum dilakukan.
Sedikit uraian diatas beserta dua pertanyaan yang muncul dari benak saya ini,  sebatas catatan dan pertanyaan yang saya bagikan kepada kita semua agar bisa menganalisa secara seksama sehingga dapat memutuskan suatu langkah cepat, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. [rk]

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Seputar Artikel - Artikel Ini di Sini !